'Pedesan Entog' Kuliner Khas Indramayu

Gambar 1. Pedesan Entog Siap Saji. Sumber : www.cookpad.com
Apa yang sobat lakukan ketika berkunjung atau berwisata ke suatu tempat? Selain mengunjungi destinasi wisata, tentu tak lupa juga mencicipi kuliner khasnya. Tiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner khas sendiri-sendiri.

Rendang di Padang, Ayam Betutu di Bali, hingga Kerak Telor di Ibukota. Kekayaan kuliner Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Bagi banyak orang mungkin Indramayu lebih dikenal dengan Kilang Minyak Balongan dan Kota Mangga-nya. Tapi jangan salah loh, Indramayu juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa.

Kuliner apa sih yang luar biasa itu? Baiklah, ini aku kasih tahu salah-satu kuliner istimewa khas Indramayu itu adalah Pedesan Entog. Kuliner otentik yang tak kalah dengan daerah-daerah lainnya.
Gambar 2. Hewan Entog. Sumber : www.flickr.com
Oiyaaaaaaa, sobat tahu nggak sih hewan entog itu? Hewan ini kakak beradik dengan angsa dan bebek. Entog ini memiliki tekstur daging yang sedikit lebih keras dibandingkan dengan saudaranya. Sedangkan bebek itu dagingnya lebih gurih dan lembut.



Gambar 3. 4. 5. 6. Bumbu Rempah Pedesan Entog. Sumber : Erwin Wiguna
Meski demikian karena diolah dengan aneka bumbu yang super lengkap dan pedes. Tekstur dagingnya jadi lembek dan lembut. Lebih spesialnya, Pedesan Entog ini jadi hilang bau amisnya. Dan yang tersisa hanya sedapnya bumbu rempah yang meresap ke dalam daging.
Gambar 7. Pedesan Entog sedang dimasak. Sumber : www.resepkafe.com
Sesuai namanya pedesan, Pedesan Entog ini sangat pedas, pedes bin ngrengap. Hu ... ha ... hu ... ha. Lidah sobat pasti bergoyang merasakan sensasi pedesnya. Wuiiiiiiiiiiiih, kebayang banget kan sedapnya?

Bagaimana sobat, berani coba pedasnya Pedesan Entog? Nggak aku garansi kalo sobat jadi ketagihan. Hhhe.
***
Meneer Pangky
Pengamat Budaya Amatir

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon