Sebuah Analisa tentang Suguhan/Sajen

Dening : Meneer Panqi





Secara jeli dan santun telah berhasil menyajikan sebuah budaya (ritual) adiluhung tanpa “mencemari” dan "menghakimi" dengan tetap menghadirkan sebuah pembahasan yang sama sekali tidak mereduksi dari makna SUGUHAN itu sendiri. Sekali lagi, hal ini semakin mempertegas posisi kita sebagai manusia yang bisa menghargai sebuah perbedaan dan memaknai perbedaan sebagai sebuah kekayaan.

Mungkin sedikit pandangan tentang SUGUHAN adalah sebagai berikut; Secara teologis ritual SAJEN-SUGUH dikenal dalam semua agama dan budaya meski dalam bentuk yang lain. Di dalam Agama samawi (agama langit) yang “sekandung” ( Yahudi-Nasrani-Islam) tradisi sesaji (qorban) juga dikenal dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam budaya Jawa, Batak, Minang, Bugis, Toraja atau pun di daerah lain tradisi sesaji juga dikenal. Singkatnya, dalam masyarakat yang ber-Ketuhanan(Theisme) baik yang terpengaruh oleh unsur-unsur dinamisme maupun animisme (Story of God/Sejarah Tuhan) aktivitas sesaji pasti diajarkan sebagai bentuk rasa syukur dan doa-doa. Hematnya memahami sesaji adalah bentuk atau upaya manusia untuk melakukan harmonisasi dengan alam, baik dalam kapasitas sebagai mikrocosmos maupun makrocosmos. Alam memiliki unsur positif dan negatif dimana kedua unsur tersebut sangat mempengaruhi sifat dan perilaku manusia. Untuk melawan unsur negatif secara empiris turun temurun sebuah masyarakat memiliki tradisi ritual yang sama, yakni memberikan sesuatu dengan tujuan untuk melawan unsur negatif, meski dalam bentuk yang berbeda-beda, dan itulah sesaji atau dalam bahasa jawa disebut SAJEN-SUGUH. Materi dalam sesaji ada bermacam-macam yang kesemuanya memiliki makna simbolik sebagai bentuk ungkapan syukur dan doa.

Upacara Selamatan/Syukuran untuk Pribadi

Seseorang yang merasa mendapatkan anugerah atau karunia dari Tuhan, tentu akan bersyukur. 
Misalnya : mendapatkan kenaikan pangkat, mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, seperti diangkat menjadi direktur, kepala kantor, kuwu, bupati, gubernur. Secara tradisi, ungkapan rasa syukur dilakukan dengan mengadakan upacara kecil berupa syukuran atau slametan.

Upacara syukuran dilakukan bersama dengan keluarga , teman-teman dekat, teman-teman sejawat, tetangga dan lain sebagainya. Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila diatas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk dan sesaji.

Yang terpenting adalah doa, ucapan syukur yang ditujukan kepada Gusti, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah memberikan anugerah kepada seorang titahnya. Pada umumnya inti doa adalah sebagai berikut : Setelah mengucap syukur atas anugerah yang dilimpahkan Tuhan, semoga titah yang mendapatkan karunia dan kepercayaan dari Tuhan  berupa kedudukan yang lebih tinggi, yang telah menaikkan derajatnya dan sekaligus tanggungjawabnya, selalu mendapatkan bimbingan-Nya, untuk selalu mampu melaksanakan tugasnya dengan selamat, baik dan benar. Semoga dijauhkan dari segala goda dan halangan yang bisa menjadikan petaka bagi diri, keluarga, maupun instansinya.

Dengan selalu memohon berkah Tuhan dengan penuh kesadaran untuk mengaplikasikan segenap pengetahuan dan kemampuannya secara maksimal, bekerjasama dengan kolega-koleganya dengan sinergis, maka segala usaha dan upayanya akan membawa berkah kebaikan, kesejahteraan dan kemajuan bagi instansi, jawatan atau daerah yang dipimpinnya.

Setelah doa, dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng, santap bersama dan ramah tamah.

Pada saat ini, untuk praktisnya, nasi tumpeng, lauk pauk dan suguhan (kalau ada) ditaruh diatas sebuah meja. Seluruh hadirin melakukan doa bersama dengan berdiri mengelilingi meja.

Catatan mengenai sesaji : Sesaji yang diadakan untuk mengiringi upacara syukuran, maksud tujuannya seperti doa. Intinya adalah bersyukur kepada Gusti, Tuhan dan semoga dengan berkah-Nya, segala tugas akan dilaksanakan dengan selamat, baik, benar dan membawa kesejahteraan dan kemajuan yang lebih baik. Nasi tumpeng komplit sebenarnya mempunyai makna sebagai doa dan sesaji.


Syukuran karena terbebas dari halangan

Selain adanya syukuran yang dikarenakan dapat promosi jabatan atau dapat rejeki, orang juga melakukan syukuran setelah terbebas dari halangan berat. Misalnya setelah sembuh dari sakit yang gawat atau terbebas dari penderitaan yang amat berat. Semoga selanjutnya, selalu mendapat perlindungan dan berkah dari Gusti, Tuhan, supaya jalan kehidupannya selalu selamat, sehat dan sejahtera, bahagia lahir batin.   

Bersyukur kepada Gusti, selalu ingat kepada asal muasal

Sudah seharusnya ,setiap manusia menyukuri keberadaannya untuk hidup didunia ini.Dengan izin Gusti, melalui karsa dan jalinan kasih Ibu dan Bapak, suksma yang berasal dari mula-mula, melangkah turun untuk hidup dibumi.

Setelah melalui proses 9/ sembilan bulan dalam kandungan, suksma yang sudah berpakaian badan komplit kasar dan halus, terlahir sebagai bayi, manusia baru yang akan menjalani hidup sementara didunia ini.


Saudara-saudara halus

Orang Kita (DERMAYU) percaya bahwa setiap orang mempunyai beberapa saudara halus – sedulur alus, yang selalu menyertainya dimanapun si manusia berada.

Para saudara halus yang tidak berbadan fisik ini ,mengawal si manusia yang ber-raga fisik. Mereka selalu menyertai, melindungi, membantu, supaya si manusia menjalani kehidupannya dengan selamat, sehat, sejahtera selama hidup dibumi ini. Tugas tersebut adalah sesuai ketentuan dari Gusti. Orang Jawa menyebut mereka : Sedulur papat kelima pancer – Saudara empat, yang kelima pancer, yang terdiri dari :
  • Kakang Kawah - Kakak kawah, yang keluar dari rahim ibu, sebelum si bayi. Tempatnya di Timur, warnanya putih.
  • Adi Ari-ari - Adik ari-ari, yang keluar dari rahim ibu, sesudah si bayi. Tempatnya di Barat, warnanya kuning.
  • Getih - Darah, yang keluar dari rahim ibu sewaktu melahirkan. Tempatnya di Selatan, warnanya merah.
  • Puser - Pusar, yang dipotong sesudah kelahiran bayi. Tempatnya di Utara, warnanya hitam.
  • Pancer Keempat saudara diatas tidak punya raga fisik, sedangkan pancer adalah badan jasmani, yang berada ditengah. Oleh karena itu selain disebut Sedulur papat kelima pancer, juga dipanggil Keblat papat, kelima tengah
Selain Sedulur papat kelima pancer, masih ada lagi, yaitu :

Mar Marti. Mereka adalah saudara-saudara manusia yang lebih tua. Mereka itu tidak ikut dilahirkan melalui rahim ibu.

Mar, merefleksikan perjuangan ibu saat melahirkan si bayi. Keluar daya, hawa, kekuatan yang hebat untuk hidup dan menghidupi.

Marti, merefleksikan keberhasilan ibu sesudah melalui perjuangan. Perjuangan berhasil, rasanya lega.

Oleh karena itu, Mar dan Marti, itu dinilai tinggi derajatnya, bagaikan raja dan ratu. Secara mistis warna cahayanya putih dan kuning muda jernih

Mar Marti akan membantu manusia yang dikawalnya, hanya dalam hal yang penting, dalam keadaan yang benar-benar diperlukan. Manusia bisa meminta bantuan Mar Marti, sesudah dia punya pikiran dan rasa yang jernih, sesudah melalui tapa brata ( laku spiritual yang sungguh-sungguh).

Saudara-saudara halus yang lain, bisa dimintai bantuan setiap saat, untuk keperluan kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut ada saudara-saudara halus yang dipanggil :Kabeh kadang ingsun kang metu saka marga ina lan kang metu ora saka marga ina. Semua saudaraku yang ada, dengan melalui rahim ibu dan yang ada tanpa melalui rahim ibu.

Kabeh kadang ingsun kang ora katon miwah kang ora kerawatan. Semua saudaraku yang tidak kelihatan dan tidak terawat.

Jadi, saudara halus setiap manusia itu banyak sekali, ini yang suka disebut sedulur sinarawedi.

Semua saudara halus itu dengan setia melakukan tugas yang telah digariskan Gusti, untuk melindungi dan membantu satu-satunya saudara yang berujud/ bleger-bahasa Jawa/ sebagai sosok manusia, yaitu suksma yang memakai raga kasar/fisik dan raga halus/eterik.

Secara umum, selama raga dan seluruh komponen si manusia, masih baik, maka “ kesementaraan” keberadaan manusia didunia ini masih berlanjut.Kalau raganya, komponennya tidak berfungsi, karena rusak/penyakit atau sudah aus/tua dan tidak bisa diperbaiki lagi/ disehatkan lagi, maka suksma akan kembali keasal muasal, ke mula-mula hidup, kepada haribaan Gusti, Tuhan.

Tugas-tugas saudara-saudara halus

Mar Marti  : Membantu untuk hal-hal yang sangat penting.

Sedulur papat kelima pancer dan yang lain-lain : Melindungi dan membantu untuk kelancaran hidup sehari-hari.

Tentu bantuan yang diberikan ,pada dasarnya adalah untuk hal-hal yang baik-baik.

Perlu diketahui bahwa semua saudara halus selalu bersama dengan figur manusia yang dikawalnya, artinya selalu bersama dengan masing-masing kita, kita sadari atau tidak.Mereka selalu melindungi dan membantu.

Banyak yang tidak mengerti bahwa para pengawal yang berupa  saudara halus tersebut, juga merasa senang kalau kita menyadari  kehadiran mereka, terlebih kalau kita juga memperhatikan mereka. Kalau mereka dianggap dan diperhatikan, mereka akan membantu lebih baik lagi. Mereka senang bila setiap saat diajak berpartisipasi dalam setiap kegiatan kita, seperti : minum, makan, belajar, bekerja, menyopir, mandi dlsb.

Contoh mengajak saudara-saudara halus, katakan dalam batin :
  • Semua saudara halusku ( secara lengkap adalah : Kakang kawah, adi ari-ari, getih, puser, kadang ingsun papat kalima pancer. Kabeh kadang ingsun kang metu saka marga ina lan kang metu ora saka marga ina, Kabeh kadang ingsun kang ora katon lan ora karawatan), saya mau makan, bantulah saya-Aku arep mangan, ewang-ewangana. Artinya kita dibantu bisa makan dengan selamat dan makanan itu juga baik untuk kita.
  • Semua saudara halusku, bantulah saya untuk menyopir mobil ini dengan selamat sampai kekantor. Artinya selama menyopir  selamat dan sampai ke kantor lancar, tidak ada halangan ataupun kecelakaan.
  • Semua saudara halusku bantulah saya dalam bekerja, sehingga pekerjaan saya  lancar dan benar.
Perlindungan waktu tidur

Pada waktu mau tidur,kita tidak minta dibantu oleh saudara-saudara halus, nanti mereka ikut tidur, sesuatu yang mereka tidak perlukan, karena tidur bukan alam mereka.

Pada waktu mau tidur katakan dalam batin :Semua saudara halusku,saya mau tidur, lindungilah saya. Kalau ada yang mengganggu atau membahayakan, kamu tanggulangi atau bangunkan saya.

-Kabeh sedulur alusku, ingsun arep turu, raksanana aku sajerone turu, yen ana kang ngganggu utawa mbilaini, tandangana utawa gugahen ingsun.Sambil merebahkan badan ditempat tidur, sebelum menutup mata, letakkan tangan kanan didada menyentuh jantung, katakan dalam batin : Ingsun ya urip – Saya juga hidup.

Ini nasihat dan berdasarkan pengalaman para pinisepuh. Biasanya tidur jadi enak, selamat, bangun tidur segar cerah.


Weton

Weton atau wetonan adalah peringatan hari lahir setiap 35-tiga puluh lima hari sekali. Untuk orang Jawa tradisonal sangat penting untuk mengetahui wetonnya, sesuai dengan kalender Jawa.

Dengan mengetahui tanggal, bulan dan tahun kelahiran menurut kalender Masehi, bisa diketahui weton seseorang. Hari kelahiran menurut kalender Jawa atau weton terjadi setiap selapan hari artinya setiap 35-tiga puluh lima hari. Ini merupakan gabungan antara Hari Tujuh, Senin sampai dengan Sabtu dan Hari Lima Jawa: Manis, Paing, Pon, Wage, Kliwon.

Jadi yang lahir hari Senin, bisa Senin Legi, Senin Paing, Senin Pon, Senin Wage, Senin Kliwon.
Demikian pula yang lahir dihari-hari lain Selasa dan seterusnya.

Pada  setiap saat   weton dari seseorang, misalnya Jum’at Kliwon atau Sabtu Manis. Ini adalah saat yang tepat untuk mengingat kepada saudara-saudara halus kita semua.Pada saat wetonnya, sesudah jam enam sore, karena hari Jawa mengikuti kalender sistim rembulan, jadi mulainya sore hari, orang yang  punya weton malam itu akan mengingat saudara-saudara halusnya.Biasanya orang membuat bancakan – sesaji kecil. Ada yang membuat sega gudangan, nasi dengan lauk sayur  atau bubur merah putih dan segelas air putih matang.

Secawan bubur merah putih  dan segelas air putih itu diwujudna diberikan kepada semua saudara halus, dengan diletakkan diatas meja dan berkata dalam batin : Ini untuk semua saudara halusku, aku selalu ingat kalian, maka itu jagalah dan bantulah aku.
Pemberian bubur merah putih dan air putih dan ucapan tersebut, itu merupakan sesaji yang paling sederhana , tetapi mendasar. Karena inti sarinya mengenali dan menghargai semua saudara halus dan ingat kepada ibu dan bapak, kedua orang tua kita, menghormati kakek nenek yang telah menurunkan kita dan yang paling penting untuk memuja dan berterima kasih kepada Sang Pencipta Hidup, Gusti, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pada waktu-waktu tertentu, orang melakukan peringatan weton dengan cara mengundang beberapa kerabat atau kenalan baiknya. Pada saat seperti itu, biasanya sesaji lebih komplit, termasuk nasi tumpeng dan lauk pauknya dsb. Sesudah diadakan doa bersama, dilanjutkan dengan menyantap hidangan.


Hubungan serasi Bagi orang Jawa (DERMAYU), sangat penting untuk mempunyai hubungan yang serasi (sauyunan urip) dengan saudara-saudara halus. Caranya, setiap bertindak ajaklah mereka, untuk minta dibantu atau dijaga. Sebelum hubungannya terasa serasi, akrab dengan mereka, setiap saat selalu panggilah mereka lengkap, satu per satu. Kalau sudah akrab, bisa dipanggil dengan : Semua saudara halusku, bantulah aku untuk ...., jagalah aku selama ......dan sebagainya menurut kebutuhan.

Namun, pada saat yang penting atau untuk urusan penting , umpamanya untuk menemani sewaktu berdoa, meditasi atau semadi, adalah bijak untuk memanggil nama mereka secara lengkap, satu per satu.

Menurut pengalaman para pinisepuh, peranan Kakang Kawah dan Adi Ari-ari dalam membantu sangatlah penting. Sesuai dengan sifat alamnya, Kakang Kawah selalu berusaha dengan sebaik-baiknya membantu terjadinya semua keinginan dan usaha, sedangkan Adi Ari-ari selalu mendukung dan menyenangkan.

Ada kalanya atau ada orang yang setiap wetonnya, selama 24 Jam, sehari semalam melakukan laku prihatin, seperti berpuasa sehari semalam, tidak tidur sama sekali selama 24 jam atau tidur hanya sedikit sesudah tengah malam, berpasrah diri kepada Gusti.

Ini untuk mengingatkan akan posisi dan tugas seorang titah. Bahwa hidup ini tidak untuk hanya makan sepuasnya dan mengutamakan tidur yang lama dan memenuhi kehendak keduniawiannya yang mengabdi kepada materi dan egonya Tetapi manusia supaya ingat, akan posisinya dan tugasnya yang mulia untuk memayu hayuning sesama lan buwana-untuk membangun kehidupan antar sesama yang baik dan melestarikan buana, supaya mampu melaksanakan kehidupan didunia ini dengan baik, benar, sejahtera, bahagia lahir batin.


Semanten mawon wejangan saking wongtua kula, bili wonten sawon lan lepat nyuwun jembare pangapura segara, ingkang sampun isip sindir keukir nyuwun kebanjiran pamaklum agunge pangapunten, kula mung sederma nyerat wiraosan saking wongtua. Sumangga.

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon