Catatan Tentang Tuyul

Buku De Javaansche geestenwereld. Foto/Java Shop
Pada 1894 dalam "De Javaansche geestenwereld" karangan Van Hien mengatakan ada sosok yang disebut dengan "setan gundul" sebagai setan yang bisa membantu seseorang menjadi kaya.

Penampilan setan gundul ini seperti seorang bocah berumur empat atau lima tahun dengan kepala gundul seperti umumnya anak Jawa. Demikianlah penjelasan lebih lanjut.

Setan gundul ini dapat dikontrak selama satu periode (yakni tujuh tahun lamanya). Sesudah itu pemiliknya akan menyerahkan diri untuk disiksa di neraka. Saat mengerikan itu dapat ditunda hingga dua periode, jika sang pemilik mengorbankan orang lain sebagai penggantinya.

Jika sang pemilik setuju, dengan keuntungan yang tidak terlalu banyak, yang dibutuhkan hanyalah seekor kerbau sebagai korban. Tetapi setan gundul harus diberi makanan kacang hijau setiap hari dan jika pemiliknya perempuan atau istrinya mempunyai bayi, setan gundul harus di-susoni secara teratur.

Jelas saja penjelasan setan gundul ini mirip dengan sosok tuyul yang sudah menjadi kesadaran kolektif bagi orang Jawa pada saat ini. Wallahu a'lam.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon