Tumis Tauco Indramayu - Kuliner bagi Penderita Kencing Manis


Tauco merupakan kuliner yang berbahan baku dari kedelai hitam. Orang lebih populer menyebutnya sebagai ampas kecap. Jika di kota lain dimanfaatkan sebagai pakan ternak, di Indramayu malah dijadikan sebagai lauk pauk.

Mengutip hasil penelitian Risalia Nur Rahmah dkk, mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang yang menyatakan bahwa tauco memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan pada kedelai hitam berupa antosianin yang didapat dari pigmen hitam pada kedelai hitam. Selain itu senyawa antioksidan lain yang terdapat pada ampas kecap adalah isoflavon.

Isoflavon banyak dijumpai pada makanan olahan kedelai terfermentasi seperti tempe dan kecap. Untuk mengeluarkan senyawa senyawa bioaktif tersebut dilakukan dengan menggunakan ekstraksi modern yaitu ekstraksi dengan gelombang ultrasonik atau disebut dengan ultrasound assisted extraction.

Ekstrak ampas kecap yang dihasilkan kemudian dipekatkan dan diujikan secara invivo pada hewan coba tikus wistar jantan yang sebelumnya telah dikondisikan diabetes mellitus. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi diabetes mellitus pada tikus wistar jantan dapat diturunkan.

Hasil itu menunjukan ampas kecap memiliki potensi sebagai antihiperglikemia bagi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi tauco goreng. Kuliner lokal sekali lagi membuktikan bahwa lebih aman dan dan menyehatkan. Mari budayakan mengkonsumsi kuliner lokal.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon