Apa itu Jatidiri?

photo by pixabay.com
Beberapa pertanyaan yang selalu muncul di kepala pada saat bangun tidur.
1. Apakah aku sukses?
2. Apakah aku sudah bahagia?
3. Apakah aku sudah bermanfaat?
4. Dan apakah cita-citaku sudah tercapai?

Jika dibandingkan dengan 4 tahun yang lalu tentu, posisi neraca keuangan pribadiku, jauh lebih baik. Menurutku, tentu saja pada posisi ini success is about money. Tapi, bukan berapa banyaknya uang yang berhasil kita kumpulkan. Kalau itu saja, buat apa? Toh hanya deretan angka yang tertera di buku tabungan.

Kita tidak bisa mengukur sukses hanya dari berapa banyak uang yang berhasil kita kumpulkan, melainkan apa yang kita gunakan dengan uang tersebutlah yang menjadikannya berbeda? Uang hanyalah berfungsi sebagai amplifier. Kalau kita seorang yang bahagia, uang akan membuat kebahagiaan kita lipat dua atau lipat tiga.

Kalau pada dasarnya kita adalah orang yang insecure, uang akan menambah kekhawatiran kita. Kalau kita adalah orang yang serakah, uang akan melipat-gandakan keserakahan kita. Kalau begitu, apakah hidupku sudah memberikan manfaat? Aku tidak tahu. Harus orang lain yang menilainya.

Ketika, anak-anak muridku tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan murah hati. Ekspresif dan antusias saat aku mengajar mereka, itu kebahagiaan tersendiri, apalagi ketika menjadi guru favorit. Saling merengek berebut mohon mengajar dikelasnya. Itu bahagia tersendiri. Semoga mereka akan bisa menjadi manfaat buat lingkungannya kelak!

Ketika, bertemu dengan petinggi partai. Banyak yang mengira aku akan bergabung dengan partainya. Padahal sama sekali dalam hatiku tidak terbersit untuk terjun politik. Ada feeling, bahwa masuk dunia politik aku tak akan bisa memberikan manfaat lebih.

Sudah biarlah, cukup menjadi wirausahawan yang menopang keluarga, sembari ikut bergerak dalam dunia budaya yang amat aku sukai. Dalam posisi ini, aku bangga pada pribadiku, merasa bermanfaat, dan akhirnya aku dapatkan kebahagiaan.

Tembung pamungkas, Its not about money !! @the power of moslempreneurship
***


Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon