Wisata Ziarah Syekh Quro'

Komplek situs Syekh Quro ada dua makam, satunya adalah Syekh Bentong. Masyarakat meyakini kedua tokoh ini adalah penyebar Islam pertama di Jawa Barat. 100 tahun lebih dulu daripada Sunan Jati Purba.

Ini pintu masuk sebelum ke Syekh Bentong. Jika situs kramat di wetanan, saya tak menemukan pedupan dan bangunan baru. Tidak seperti yang saya dapati di situs ini. Ada pedupan yang selalu menyala dan makamnya sudah dipugar.

Sehingga saya tidak merasakan aura originalitasnya. Kesannya sudah ke arah modern manajemen wisata. Nilai kesakralannya hilang. Berikutnya ada kolam.

Melihat kolam ini jadi teringat kedokan di Buyut Tambi dan Buyut Tugu, situs keramat selalu ada fitur kolam. Berdasarkan kajian arsitek, ini salah satu bentuk ciri arsitektur Islam yang mana selalu ada kolam dan taman. Konon hal ini terinspirasi kisah surga di al-Qur'an.



Kesan yang paling mendalam adalah suguhan visual pohon-pohon tua di sekitar makam. Hal ini juga menjadi tanda bahwa situs ini bukan situs muda. Usianya sudah bisa ditebak ratusan tahun.

Hal ini juga menjadi dayatarik tersendiri buatku untuk berlama-lama jika saja fasilitas saung/gazebo/ranggon disediakan. Sayangnya hanya altar besar saja yang difungsikan sebagai tempat tawassul.

Ini linier dengan garapan wisata yang ditawarkan yakni wisata religi. Pohon tua yang ada di foto adalah pohon asem dan satunya belum jelas. Kemudian, ke Makam Syekh Quro.

Inilah makam Syekh Quro, ulama penyebar agama Islam pertama di Jawa Barat. Ya seperti biasa, tempat-tempat ziarah selalu dikerumuni manula, jompo, dan anak-anak yang minta sedekah. Jika dihadapkan pada situasi seperti dua bilah mata pisau.

Satu sisi iba, lainnya geram. Saya benci belum menjadi pengusaha kaya yang mana kesempatan untuk menginfakkan harta di jalan Allah lebih terbuka kans-nya untuk memuliakan mereka tanpa meminta.
Lalu yang terakhir, gambar di bawah ini. Saya nggak ngerti fungsinya apa? Dari bentuk sih seperti tempat tatakan tadarus Qur'an. Itulah, kisah saya waktu berziarah ke Makam Syekh Quro.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon