Generasi Muslim Modern [Universal Goodness]

Saya lahir pada dekade tahun 1980'an. Dalam pola sejarah, satu generasi bisa dikatakan sama. Jika lahir, tumbuh, dan dewasa dalam rentang waktu yang sama. Lalu, mengalami pula kejadian dan pengalaman yang sama [sosio-historis].

Karena pengaruh yang sama, bisa saja satu generasi rentang masanya 30-50 tahun. Masa kecil dan remaja saya diwarnai tragedi yang menyakitkan. Ada perang antar desa, perseteruan aliran agama, tawuran pelajar, dan lain-lain.

Keadaan tersebut membuatku rindu slogan rahmatan lil 'alamin. Bahwa Islam adalah agama yang humanis dan tidak suka anarkhis. Sesama saudara masa harus berperang.
Jika mengalami kejadian dan pengalaman serupa, Anda adalah satu generasi dengan saya.
**
Demikian juga jika Anda muak dengan sistem riba, Anda satu generasi dengan saya. Sebenarnya, bukan tanpa sebab kemuakan tersebut, saya pernah masuk ke dalam perangkapnya.

Riba ini menggiring saya untuk berlaku tamak dan serakah, mau menang sendiri, memangsa sesama, dan segudang penyakit selfish yang lain. Riba membentuk saya menjadi economic animal.

Sistem ini terbukti telah menumbuh-suburkan ketamakan dan keserakahan. Hasilnya, sistem itu telah membuat kerusakan dalam hidup saya. Usaha saya menjadi tidak berkah, kelihatan di permukaan sukses. Tak tahunya, hutang saya menumpuk di bank.

Setelah mendapati pengalaman tersebut, saya sudahi saja. Saya nggak mau tergoda lagi sama riba. Saya sekarang anti riba. Hidup dinikmati tanpa dikejar angsuran.
**
Konon generasi ini diprediksi lahir dari dekade 1980an-2020an. Selain yang disebutkan diatas, generasi ini memiliki karakteristik yang unik.

Pertama, mereka religius (religious) dan taat pada kaidah-kaidah Islam. Kedua, mereka melihat Islam sebagai rahmatan lil alamin yang memberikan kebaikan universal (universal goodness) kepada seluruh umat manusia.

Ketiga, mereka berpengetahuan, melek teknologi, dan berwawasan global (modern). Keempat, mereka makmur dengan daya beli tinggi (high buying power), kemampuan berinvestasi luwayan, dan jiwa memberi (zakat dan sedekah) yang cukup tinggi.

So, jika Anda memiliki ciri-ciri diatas, baik empat-empatnya atau salah satunya. Anda adalah generasi muslim tercerahkan.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon