Branding "Menduniakan Indramayu" via Kaos Charity

Ini adalah program kecil-kecilan yang mencoba meng-hidupkan kesenian lokal Indramayu. Utamanya ikut serta mengenalkan kekayaan budaya di Indramayu. Bagaimana mau menghidupkan kesenian, jika alat-alat seni-nya saja tidak ada? Apalagi untuk mengembangkannya? Sedangkan untuk kelompok/sanggar yang sudah ajeg kebutuhannya sudah beda, jadi program ini bukan mengarah ke sana.

Ide awalnya berasal dari pembicaraan antara teman-teman di Kulitugu Budaya [Murjoyo, Ruswandi Lebar, Munawir Sazali, Pidri Agriyanto, Indra]. Sasarannya jelas, anak muda yang nyeni, mereka butuh ruang ekspresi seni. Program ini bertujuan mengubah pola pikir. Dari kebiasaan brang-breng ora karuan, diarahkan menjadi seniman profesional. Lowongan kerja seni di Indramayu terbuka lebar.

Intinya : daripada duit dihabisin untuk bikin acara, mending kita investasikan untuk membeli instrumen. Berhubung dana yang dibutuhkan besar, kami merekayasa dengan cara bikin merchandise. Labanya kami belikan alat-alat.

Tingkat keberhasilan program ini seperti apa? Jika se-tahun ada 3 merchandise di lempar ke pasar. Insyaallah tahun tersebut kita bisa membeli 3 instrumen.  Tentu, program ini akan ada kelanjutannya lagi.Metode-nya bukan hanya jual merchandise.

Program ini telah mulai dijalankan semester genap 2018 kemarin, Program ini pun terus dilanjutkan karena menduniakan Indramayu dan melestarikan seni-budayanya adalah kewajiban kita sebagai “Wong Reang”.



Bagi siapapun yang tertarik dengan program ini, mari ikut berkontribusi dengan membeli merchandise-nya. Mari sama-sama berjuang menjadikan Indramayu kota seni terdepan di Indonesia.

Tak perlu ributkan siapa kami, modal awalnya dari mana, konseptornya siapa, tak perlu. Ini semacam software Linux, biarlah menggelinding bagai bola salju menebarkan kecintaan terhadap Indramayu.

Demikian, mohon masukan, kritikan untuk perbaikannya. Dan mari bekerjasama untuk melakukan hal-hal yang baik, aja pegot meduluran. Bli bisa nguntungaken batur, paling bli aja ngrugiaken.

Oiya, kata pamungkas. Alhamdulillah sekarang sudah bisa membeli 1 unit gitar listrik. Terimakasih kami ucapkan untuk kawan-kawan yang bangga memakai kaos sampyong Indramayu. Gaya pisan lur, kesawange!
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon