Obituari Yance - Politisi dan Pejuang Pendidikan Indramayu

kang yance
Diskusi Budaya Indramayu. Foto/MP. 2012

Mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin atau lebih dikenal dengan panggilan Yance meninggal dunia di usia 64 tahun pada Minggu, 16 Agustus 2020 karena serangan jantung. Seperti dilansir Radar Cirebon, Yance meninggal di RSUD Indramayu. 

Kabar meninggalnya Yance turut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan Yance sempat menjalani perawatan di RSUD Indramayu karena sakit, sebelum mengembuskan nafas terakhir. 

Yance lahir pada 27 Oktober 1955, di Ambon, Maluku. Ia lulus dengan gelar di bidang Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ia menikah dengan Anna Sophanah, dari pernikahannya ia memiliki dua putri dan satu putra. 

Yance pernah menjabat sebagai Bupati Indramayu dari tahun 2000 sampai 2010. Setelahnya ia terpilih sebagai anggota DPRD Jawa Barat 2014-2019. Dan didaulat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat.  

Ia adalah politisi Partai Golkar dari Jawa Barat yang dikenal sebagai tokoh penting dalam masa transisi reformasi. Ketika ia menjabat sebagai bupati, Yance dianggap mampu menghadirkan pembangunan di kabupaten tertinggal. 

Sebagian masyarakat Indramayu menyebutnya sebagai bapak pembangunan. Ia berhasil menurunkan angka buta huruf, memajukan pendidikan agama, ketahanan pangan, pelayanan birokrasi, program KB, pengembangan masyarakat pesisir dan meningkatkan indeks IPM. 

Pada 28 April 2016, Mahkamah Agung (MA) menganulir putusan Pengadilan Tipikor Bandung dan mengadili sendiri dengan menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada mantan bupati Indramayu tersebut. 
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon