The Banker (2020)

Posting Komentar
 
Score : ⭐ ⭐ ⭐ ⭐

The Banker | 2020 | Biography, Drama | Pemeran : Anthony Mackie, Samuel L. Jackson, Nicholas Hoult, Nia Long | Sutradara : George Nolfi | Penulis Naskah : David Lewis Smith, Stan Younger, Brad Caleb Kane | Negara : Amerika Serikat | Durasi : 120 Menit

Ringkasan

Dua pengusaha negro punya rencana bisnis yang cerdik, mengintegrasikan perbankan dan perumahan. Perjuangan tersebut menemui banyak kendala. Penyebab utama karena mereka warga kulit hitam. Warga kelas dua yang tidak memiliki akses untuk menggapai slogan 'American Dream'.

Untuk mewujudkan itu, mereka bekerjasama dengan pria kulit putih, melatihnya lalu dijadikan sebagai kuda troya. Strategi ini cukup berhasil menurunkan diskriminasi dalam bisnis perumahan dan perbankan. Puncaknya, menjadikan mereka sebagai bankir negro pertama di Amerika Serikat. 

Ulasan

Film ini termasuk film biopic (berat/serius). Menyoroti kisah pribadi Bernard Garrett yang banyak mendapatkan ganjalan dalam kariernya sebagai agen perumahan. 

Pada awal-awal film ini berhasil mencuri hati saya. Penggambaran yang kuat. Anak muda berbakat. Cerdas dan ambisius. Sinematografi yang indah dengan nuansa Amerika tahun 1950-an. 

Sayangnya, mulai gagal saat di tengah. Istilah bisnis real estate dan perbankan mulai mengganggu. Tidak semua penonton memahami istilah-istilah tersebut. 

Ide cerita tidak biasa. Robin Hood masa kini. Tentang perjuangan kelas. Melawan ketidakadilan dengan cara-cara curang dan melawan hukum. Saya jadi teringat kisah jawara Betawi melawan kapitalisme kompeni Belanda.

Semuanya tertolong oleh acting yang menawan oleh pemeran-pemerannya. Film ini akan lebih bagus jika cara bertuturnya tidak bertele-tele. 

Satu hal yang membuat saya cemburu, karakter Eunice Garrett. Istri yang hebat. Family woman. Mendukung setiap langkah yang diambil oleh suami. Ia sampai perlu mengenalkan Bernard kepada taipan bar Texas, Joe Morris.
***

Related Posts

Posting Komentar