Trading Place (1983)

Posting Komentar
 
Score : ⭐ ⭐ ⭐ ⭐

High Crime | 1983 | Comedy | Pemeran : Denholm Elliott, Dan Aykroyd, Eddy Murphy, Ralph Bellamy, Don Ameche | Sutradara : John Landis | Penulis Naskah : Timothy Harris, Herschel Weingrod | Negara : Amerika Serikat | Durasi : 116 Menit

Ringkasan

Louis Winthorpe (Dan Aykroyd) dan Billy Ray Valentine (Eddie Murphy) menjadi kaya, dan Duke Brother kehilangan semua uang mereka. Penyebabnya adalah eksperimen sosial. 

Duke Brother bertaruh satu dollar untuk menukar nasib dua orang yang berbeda. Yang satu, seorang miskin dan penipu. Satunya lagi CEO kantor pialang komoditas berjangka, Duke & Duke.

Ulasan

Film ini mengajarkan tentang serba-serbi perdagangan pasar komoditas berjangka. Meski sudah hampir 40 tahun setelah film rilis, trik jenius ini (atau dianggap licik) masih tetap relevan. 

Duke Brother adalah dua orang tua bersaudara yang kaya. Mereka memiliki selera humor yang nyleneh. Apapun sebutannya, eksperimen sosial atau lainnya. Nasib orang kok dipermainkan. Horang kaya kadang begitu. Bikin kita yang miskin geleng-geleng kepala.

Dan yang bikin saya ketawa, taruhan mereka cuma satu dollar. Si Louis sampai dibuat stress. Dikiranya cuma mimpi. Tersadar saat uangnya di bank $150.000 dibekukan. Tidak bisa dicairkan. Untuk bertahan hidup ia jual arloji mahalnya. Di toko loak, ia melihat pistol. Arloji pun ditukar saja dengan pistol. Rupanya ia ingin membunuh Billy Ray yang telah mengambil posisinya.

Keadaan berbalik setelah Billy Ray dan Louis bersekutu untuk melawan Duke Brother. Mereka mencuri salinan informasi penting yang Duke Brother katakan sebagai hasil riset. Nyatanya itu adalah salinan laporan Kementerian Pertanian tentang tanaman jeruk.

Informasi ini penting karena bisa mengubah sentimen harga di pasar komoditas. Informasi ini berhasil mereka curi. Laporan menyatakan bahwa panen jeruk bagus. Louis dan Billy Ray membuat laporan panen jeruk palsu. Bahwa panen jeruk kurang bagus. Duke Brother setelah melihat laporan ini percaya harga Orange Juice akan naik.

Di lantai bursa, Duke Brother menginstruksikan untuk terus membeli Orange Juice kepada brokernya. Tidak peduli berapapun harganya.

Semua broker melihat ini, mereka berpikir Duke Brother mengetahui sesuatu. Harga OJ terus naik. Louis lalu bilang 'jual 30, April di $1,42'. Artinya ia berjanji untuk menjual jus jeruk di bulan April seharga $1,42 per pon. Maksud angka '30' dia ingin menjual 30 kontrak. 

Semua broker berpikir harga di bulan April akan lebih tinggi dari $1,42. Broker mengerumuni Louis dan Billy Ray, mereka setuju untuk membeli banyak OJ dari mereka dengan harga $1,42 per pon.

Semenit kemudian, semua yang ada di lantai bursa menjadi sunyi. Semua orang melihat breaking news di TV. Ada siaran langsung dari sekretaris menteri pertanian untuk membaca laporan tanaman jeruk. Pria itu memberi tahu bahwa tanaman jeruk baik-baik saja.

Bagi para broker, ini berarti harga OJ tidak akan melambung tinggi. Semua broker yang, semenit lalu, membeli semua yang mereka bisa, sekarang tiba-tiba perlu menjual. Jadi harga OJ mulai turun. Ketika harga mencapai 29 sen per pon, Louis setuju untuk membeli OJ mereka pada bulan April.

Singkatnya Louis dan Billy Ray memiliki kontrak yang memungkinkan mereka untuk membeli jutaan pon OJ pada bulan April seharga 29 sen per pon, dan menjualnya seharga $1,42 per pon. Mereka menjual tinggi dan membeli rendah. Mereka kaya. Duke Brother melakukan hal sebaliknya. Dan mereka bangkrut bin mlarat.

Ada-ada aja ya komedi ala Amerika ini! Hahaha.
***

Related Posts

Posting Komentar