Menu Baru Google Adsense; Pemisahan Penghasilan Blog & Youtube

Posting Komentar
 
Saya sudah dijapri Google sejak bulan Pebruari kemaren tentang pemisahan penghasilan adsense dari Youtube dan blog. Namun mulai per September ini efektif berlaku. Katanya, pemisahan adsense ini tidak semua akun. Bertahap. Hanya akun yang terpilih saja.

Dulu, penghasilan dari blog dan Youtube itu digabung. Misalnya, blog mendapatkan $45 dan Youtube $65. Total pendapatan $110. Sudah melewati ambang batas pembayaran, yakni Rp. 1.300.000 atau $100.

Dengan kebijakan baru ini, artinya skema di atas sudah tidak berlaku lagi. Ambang batas pembayaran Youtube dan blog sama. $100 atau Rp. 1.300.000. Bila salah satunya tidak mencapai ambang batas pembayaran, ya tidak bisa gajian di bulan tersebut.

Ulasan

Google tidak pernah sekalipun janjinya meleset. Antara tanggal 21-26 tiap bulan, total pendapatan adsense saya pasti ditransfer.

Tapi soal penghasilan yang ditahan, saya punya opini sendiri. Sejak dulu saya curiga. Kebijakan pembayaran minimal $100 adalah akal-akalan mereka saja.

Coba bayangin aja, misal bulan ini ada 20.000 akun yang tidak dibayar karena belum memenuhi ambang batas tersebut. Ada dana segar jutaan dollar yang mengendap di akun rekening Google.

Google sampai sekarang belum pernah memberikan informasi dana mengendap ini ke publik. Berbeda ketika kita mau pasang iklan di Google, kita harus deposit saldo dulu ke akun. Artinya apa, pengiklan sudah membayar lunas iklan-iklan yang tampil di media milik kita.

Namun, sebagai mitra Google saya tetap mengikuti sistem kerja yang diatur. Saya tunduk atas segala kebijakan yang digulirkan oleh Google.
***

Related Posts

Posting Komentar