Wisata Murah ke Pulau Biawak

Suka marah-marah, cepet emosi, tampang manyun. Bosan dengan rutinitas itu-itu aja? BT saat kerja, itu tandanya sobat butuh piknik. Ekhem-ekhem, Indonesia itu indah, sobat. Sayang kalo nggak melihat keindahannya itu, banyak tempat-tempat indah di Indonesia. Apalagi pulau-pulaunya, wah serasa kita melihat surga. 

Rugi banget, kalo keseharian kita hanya diisi dengan main ke mol, main game, nongkrong di kafe, atau pergi nonton ke bioskop. Orang asing aja jauh-jauh pergi ke Indonesia, datang hanya untuk melihat surga, ya Indonesia surganya keindahan yang ada di dunia.

Kami tahu kok masalahnya, sobat bingung kan? Dari alasan yang nggak ada teman jalan, ribet ngurus ini itunya, dana yang terbatas. Itu bukan masalah kalo sobat pergi dengan kami. Dengan kami pastinya, keinginan sobat untuk melihat keindahan pulau-pulau di Indonesia nggak sekedar menjadi tumpukan mimpi. Yuk, join with ME Trip! kami bakal membawa sobat ke berbagai pulau indah di Indonesia.

Mengapa nge-trip ke pulau-pulau? Karena memang jenis wisata ini belum banyak di garap kebanyakan agen wisata. Padahal kata pepatah, nenek moyangku seorang pelaut. Tapi, kenyataannya kita anak bangsa boro-boro jadi pelaut, mengunjungi pulau-pulau saja paling berapa kali ? Arghhhhhh, bisa dihitung dengan jari. Karenanya, kami tawarkan untuk nge-trip ke Pulau Biawak di Indramayu, Jawa Barat.

Sengaja kami tawarkan weekend trip, supaya tidak menggangu kegiatan kantor. Sabtu – minggu, bagus kan? Biar weekend kita jadi bermanfaat. Oh ya sobat, sebelumnya kami ingin menginformasikan dulu, apa sih keistimewaan Pulau Biawak ini.

Nama asli Pulau Biawak adalah Pulau Rakit atau Menyawak, namun Pemda Indramayu lebih suka menyebutnya dengan Pulau Biawak. Biawak adalah padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk menyawak, lagian pulau ini adalah pulau endemik satwa kadal besar –biawak. Populasinya ribuan, dari ukuran sedang sampai ukuran jumbo. Biawak ini jenis kadal besar, famili Varanidae.  Komodo pun termasuk didalamnya, genus Varanus.

Berbeda dengan komodo, yang mendiami Pulau Biawak adalah jenis Varanus Salvator Bivittatus. Panjang tubuhnya (moncong hingga ujung ekor) umumnya hanya sekitar 1 m lebih sedikit, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 m. Berat tubuhnya, antara 30-50 kg, namun ada juga yang bisa mencapai 75 kg.

Keistimewaan nge-trip ke Pulau Biawak itu kita bisa melihat komodo tanpa harus ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara. Komodo dan biawak masih kakak beradik.

Pesona Pulau Biawak Trip

Hari 1
Pukul 12.00 peserta berkumpul di meeting point (Pelabuhan Karangsong - Indramayu). Kemudian berangkat menuju Pulau Biawak. Kami sediakan makan siang berupa catering selama perjalanan menuju Pulau Gosong. Kita menuju atol laut, berupa pulau yang mirip cincin jika dilihat dari atas.

Kita disini sampe sore menunggu sunset tiba. Puas menikmati keindahan atol laut dan pemandangan sunset. Selanjutnya, kita menuju Pulau Biawak. Setibanya disana, kita coffe break dan malamnya barbeque. Selepas itu kita istirahat untuk kegiatan besok.

Hari 2
Pagi hari setelah sarapan, kita akan explore pulau, feeding biawak, ziarah Syekh Syarif Hasan, tracking hutan pinus dan bakau, naik ke mercusuar. Coffe break dan makan siang, selepas itu kita menuju spot-spot istimewa untuk snorkelling dan berenang.

Puas ber-snorkelling dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya yang beraneka warna, kita langsung kembali ke Pulau Biawak. Coffe break dan packing. Sore hari kita kembali ke Pelabuhan Karangsong.

Informasi
Ok, sekarang kita masuk pada pembiayaan. Dengan weekend trip selama dua hari itu, berapakah biaya yang dibutuhkan? Berapa minimal orang yang ikut? Apa saja fasilitas yang didapatkan?
Ini biayanya. Lihat gambar berikut.
Gimana mahal nggak? Murah kan? Untuk fasilitas yang didapatkan berbanding dengan harga yang dibayar. Fasilitas ini sudah all out. Peserta trip nggak akan mengeluarkan biaya tambahan, ya kecuali kalo sobat membawa keluarga atau suami/istri dan anak.

Minimal peserta adalah 10 orang, dan worth it juga kan? Satu, dapet refreshing, dan kedua bisa mengisi weekend dengan kegiatan berkualitas. Nge-trip ke Pulau Biawak, selain menyusuri pulau yang mirip pulau komodo, kita juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya.

Misalnya, snorkelling untuk menikmati spot-spot terumbu karang yang indah, wisata reliji Syekh Syarif Hasan, menikmati pohon hutan pinus dan bakau, melihat padang limun, juga heritage trail sejarah dengan naik ke mercusuar yang dibangun era kolonial Belanda.

Mercusuar ini dibangun pada tahun 1872 oleh ZM Willem III, yang mana dibangun untuk menghindari bahaya bagi kapal yang melintas. Keadaan Pulau Biawak, Pulau Candikian, dan Gosong memang membahayakan.

Perairan ini dianggap memiliki gugusan karang yang luas. Apalagi jika melintas pada malam hari. Kehadiran mercusuar ini untuk memandu kapal yang melintas di perairan ini, dibangun setinggi 65 meter dan terdiri dari 16 anak tangga.
Dalam catatan diketahui, Tuan dan nyonya meneer Belanda sejak tahun 1900-an juga selalu pakansi (piknik) ke Pulau Bompys, sebutan Pulau Biawak dari orang Belanda. Kalo meneer Belanda saja berkunjung kesana, mengapa kita orang Indonesia tidak? Tunggu apalagi, gabung dengan kami. Dan kita jelajahi pesona Pulau Biawak!

Reservasi
Bagi sobat yang sudah merasa tertarik dengan tawaran weekend trip dari kami, silahkan lakukan reservasi. Berikut cara reservasinya :

  1. Silahkan menghubungi marketing kami langsung ke nomor yang sudah kami cantumkan diatas. Konsultasikan jenis layanan yang sobat inginkan, selanjutnya akan kami kalkulasi total biaya yang harus sobat keluarkan.
  2. Kami akan menghubungi sobat, segera setelah diketahui jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Silahkan selanjutnya sobat mentransfer DP sebesar 50% ke no rekening yang diberikan. Sebagai bukti keseriusan dan tanda jadi.
  3. Mengapa harus ada DP, ini upaya preventif berdasarkan kejadian yang ME Trip alami, banyak kejadian peserta trip akhirnya mengundurkan diri. Kredibilitas kami dimata pengusaha penyedia transport jatuh.
  4. Kami secara berkesinambungan akan terus menginformasikan keadaan cuaca dan alam di Pulau Biawak berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG.
  5. Kami akan mengatur ulang jadwal trip bila terjadi cuaca buruk yang tidak memungkinkan untuk mengadakan perjalanan ke Pulau Biawak. Keselamatan peserta yang kami utamakan.

Syarat & Ketentuan
  1. Konfirmasi keikutsertaan dengan DP sebesar 50% dari nilai biaya.
  2. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan.
  3. Pembatalan dari peserta setelah pembayaran, DP hanya dikembalikan 50%.
  4. Apabila peserta belum memenuhi kuota minimal, peserta dapat mengikuti trip berikutnya.
  5. Apabila terjadi force majeur, trip akan diubah jadwalnya atau DP dikembalikan 100%.
  6. Pembatalan dari pihak kami diluar sebab-sebab diatas, pembayaran akan dikembalikan 100%.
  7. Harga dan rencana perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu.                                       
Catatan

  1. Pulau Biawak masih minim fasilitas, karena belum tersentuh pengelolaan wisata yang terpadu.
  2. Jadwal bisa diubah sewaktu-waktu, mengikuti kondisi cuaca berdasarkan informasi dari BMKG.

Official Fanpage Facebook : Pesona Pulau Biawak - ME Trip
***
Meneer Pangky
Pengamat Budaya Amatir

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon