Busana Bupati Indramayu Tempo Dulu

Replika Busana Resmi Bupati Indramayu Era Kolonial. Arsip/Tropen Museum.
Foto ini aku dapatkan dari Museum Tropen Belanda, selama ini soal baju khas Indramayu yang aku ketahui cuma baju tambal sewu saja. Konon itu baju peninggalan Adipati Wiralodra.

Secara antropologi visual gambar ini mendokumentasikan baju resmi Bupati Indramayu seperti itu. Meski hanya sebuah replika, tapi gambarannya lumayan utuh.

Jika dilihat secara seksama, busana ini terkesan ada pengaruh Mataram, berupa udeng (mahkota penutup kepala). Hanya berbeda pada warnanya saja. Mataram warna hitam, sedangkan Indramayu warna merah. Ini mungkin mengandung arti tersendiri.

Untuk baju terkesan sudah terpengaruh oleh busana Eropa. Sedangkan bawahannya berupa tapih, kain batiknya diberikan sentuhan dengan model yang sedemikian rupa. Perpaduan yang nancep sekali, antara Eropa dan Jawa.

Untuk busana permaisuri, terlihat sedang mengenakan baju kurung, selendang, dan tapih. Sungguh anggun dipandang oleh mata. Melihat tampilan busana ini menjadi eye catching.

Kita disuguhkan sesuatu yang berbeda dengan busana dari Cirebon, Sunda, Betawi, maupun Jawa pada umumnya. Modernitas kentara sekali dalam busana ini.
*** 
Meneer Pangky
Pengamat Budaya Amatir

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon