Makna "Dasar Ndeso"

Kata ''dasar ndeso'' saat ini menjadi salah satu kata yang paling populer di khalayak negeri. Hal ini terjadi ketika putra Kaisar, orang hebat di negeri itu tiba-tiba mencibir kelompok tertentu dengan sebutan "dasar ndeso".

Alhasil, ada anak desa yang tersinggung dan dilaporkanlah pada hulubalang kerajaan karena dianggap sebagai ujaran kebencian dan penghinaan. Tetapi "kaum ndeso" sangat skeptis karena para hulubalang adalah kroni dari elit kerajaan.

Pelajaran penting yang dapat diambil oleh orang yang bijak adalah kebiasaan perilaku meremehkan dan menghina orang lain adalah suatu yang tidak patut, dan bukan sikap manusia mulia.

Sebab, pengertian kata 'dasar ndeso' adalah konotasi dari kampungan, tak terdidik, dan embel-embel negatif lainnya. Tidak disadari dalam satu ucapan ujaran 'ndasar deso' telah menyasar 2 pihak.

Satu pihak adalah orang yang disindir atau direndahkan. Pihak kedua secara tidak langsung membuat stigma bahwa orang desa atau orang kampung adalah manusia terbelakang, tidak sopan, tidak berbudaya atau tidak berpendidikan. Wallahu a'lam.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon