Mengapa Harus Pindah Ibukota?

Batavia dan New York dibangun oleh Belanda bersamaan waktunya. Batavia dan New York dibangun Belanda dengan pola pembangunan yang sama, mengutamakan sistem pengairan dan irigasi.

Setelah New York direbut Inggris dari tangan Belanda, hanya Batavia yang masih dipertahankan oleh Belanda hingga 350 tahun lamanya. Saksi bisu bekas-bekas pembangunan Belanda sekarang bisa dilihat di Od Batavia [Kota Tua].

Namun setelah Belanda hengkang dari bumi Pertiwi, Jakarta justru jadi rusak parah. Pemerintah kala itu gelap mata bangun sana-sini tanpa memperdulikan lagi sistem pengairan dan irigasi yang dibangun susah payah oleh Belanda untuk mengatasi banjir.

Pembangunan terus digempur sehingga Jakarta pun tak ayal lagi jadi hutan beton dan lautan aspal. Struktur dan kontur tanahnya pun akhirnya berubah tak mampu lagi meresap air.

Dam-dam dan bendungan yang dibangun Belanda banyak yang berubah fungsi, hanya pintu air Manggarai yang masih tersisa, itu pun dikarenakan lokasinya dekat dengan Istana Negara, sehingga pemerintah tak membongkarnya, khawatir Istana Negara kebanjiran.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon