Pertandingan Seru Angket DPR Vs KPK

Kisruh soal hak angket DPR untuk KPK menggelitik saya. Sebagai rakyat, saya tentu netral. Tak mentah-mentah saya mengiyakan omongan para politisi yang ngotot ingin mengevaluasi KPK, tapi di sisi lain tak boleh pula mentah-mentah saya nyatakan bahwa KPK bersih dan tak perlu evaluasi.

Saya tidak setuju, hal itu disebut pelemahan dan pemberangusan KPK? Tunggu, jangan dulu secara mentah-mentah kita katakan itu bentuk pelemahan atau pembinasaan KPK secara perlahan.

Saya kadang heran, mengapa rakyat amat sangat percaya pada lembaga ini dan cenderung tidak kritis. Padahal, KPK tak memiliki badan pengawas khusus, dan punya kewenangan amat besar.
Masyarakat cenderung menolak jika ada komentar-komentar buruk terhadap KPK dan langsung menghakimi bahwa itu adalah bentuk pelemahan.

KPK sudah berdiri sejak 2002. Belum pernah ada evaluasi. Citranya terus menanjak karena dianggap sukses menangkap koruptor-koruptor dari kelas teri hingga kelas kakap.

Singkatnya, saya merasa evaluasi terhadap KPK sangat diperlukan. Terlebih lembaga tersebut sudah berumur 15 tahun lebih. Saya menilai evaluasi tak bisa lantas dikatakan pelemahan.

Lagian juga masyarakat butuh teladan, jika memang lembaga bersih, nggak usah takut jika harus berhadapan dengan hak angket! Kan lucu, sebagai penegak antikorupsi KPK tidak kooperatif.
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon