Indihome Vs XL Home, Mana yang lebih baik?


Saya katakan di awal, tulisan ini adalah opini belaka. Tidak bisa dijadikan standar kebenaran. Setiap orang memiliki pengalaman sendiri menggunakan jasa Indihome maupun XL Home. Saya hanya memberikan perbandingan keduanya berdasarkan apa yang saya alami. Brand manakah yang lebih baik dalam pelayanan jasa ISP?

Kita, ya semua sudah tahu Indihome adalah ISP termurah di negeri ini. Sedangkan XL Home pemain baru yang ingin mengejar pendahulunya, perang harga pun dimulai. Terlepas dari hal itu, ada yang menarik dibahas dari sudut pandang pelanggan. Antara lain :

Harga

Indihome menawarkan harga pada kisaran 300k dengan jatah bulanan 300GB, setelah melewati FUP maka akan ada penurunan kecepatan. Jadi, 1GB harga yang dibandrol Indihome sekitar Rp. 1.000,-. Sedangkan XL Home menawarkan pilihan paket. Misalnya paket 300k dengan jatah 140GB. Jadi, harga per GB Xl Home adalah Rp.2.100,-.

Skor
Indihome        : 1
XL Home        : 0

Layanan

Dengan harga yang ditawarkan di atas, Indihome menjanjikan bisa memberikan kecepatan bandwith sebesar 10Mbps, sedangkan XL Home setelah saya uji dengan speedtest, kecapatan yang diberikan sebesar 17Mbps.

Saya merupakan pembuat konten di YouTube, fasilitas internet yang saya beli 20% saya habiskan untuk mengunggah konten ke situs berbagi video tersebut. Ketika saya mengunggah, kecepatan yang diberikan Indihome hanya 200KBps, sedangkan XL Home kecepatan unggahnya mencapai 900-1000KBps. Kecepatan unggah XL Home 5X lipat kecepatan Indihome.

Rasio layanan Up/Down Indihome 1:5, sedangankan XL Home 1:2. Dengan yakin layanan XL Home lebih unggul. Skor untuk ini, Indihome : 0, XL Home : 1.

Perbandingan di atas saya buat untuk referensi. Mari biasakan menjadi konsumen cerdas. Kadang kita sering dibodohi oleh janji-janji klaim iklan. Dengan skor imbang, saya pribadi lebih menyukai XL Home. Saya bukan nggak suka Indihome. Saya juga bukan orang Xl Home. Ini murni testimoni saya.

Saya berharap perang harga terus terjadi, pengguna internet semakin dimanjakan. Hal ini penting sebagai infrastruktur bisnis online maupun kemudahan mendapatkan informasi. Semakin anak bangsa melek IT, negara akan diuntungkan. Semoga kedua ISP ini tidak merugi. Terus mengawal kemandirian dunia teknologi informasi bangsa dan negara ini.
***


Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon