Survei Caleg Jabar Dapil XII, 40% Responden Tidak Tahu Calegnya


Menanggapi hasil survei yang menyebutkan sebagian besar pemilih tidak mengenal calon anggota legislatif DPRD Propinsi Jabar Dapil XII yang diunggah Official Page Suara Demokrasi Indramayu, saya melihat ini bukti para caleg tidak pernah bekerja untuk rakyat.

Bisa saja, para caleg ini berangkat dari pengangguran atau pensiunan. Kemudian mereka mencalonkan diri untuk mengisi rutinitas dan mendapatkan gaji. Bayangkan, 40% responden yang tersebar di 31 kecamatan Kabupaten Indramayu mengaku tidak mengenal para calegnya.

Saya mengira, para caleg ini tidak berangkat dari bawah, paling tidak kader partai. Lalu muncul dan mencalonkan diri. Ya, pantas akhirnya tidak banyak yang mengenal.

Untuk dikenal itu perlu pendekatan kepada masyarakat. Mereka yang populer, adalah yang terjun ke bawah. Pasti disambut simpati.

Hasil survei di 31 kecamatan se-Indramayu dan melibatkan 400 responden dengan rentang usia 17-39 tahun yang dilakukan pada 14-20 Januari 2019 menunjukkan 40% tidak tahu atau mengenal nama calon. 30% belum tahu rekam jejak caleg. Survei ini diklaim memiliki tingkat kepercayaan sebesar 80% dan margin of error sebesar 2,9%.

Berikut urutan nama caleg terpopuler berdasarkan hasil survei. Hilal Hilmawan, 18%. Abdul Rojak Muslim, 17%. Sri Budi Raharjo, 5%. Syamsul Bahri, 4%.

Lucunya, daripada mengenal caleg dan mengetahui jejak rekamnya, reponden lebih tahu hari pelaksanaan pemilu. Ditambah, responden 50% berharap diberi sesuatu oleh para caleg. Hahhahaa, ampun! Demokrasi kita sampai mana sih?
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon