Payout Pertama Gajian Google Adsense

meneerpangky.com

Sebenarnya sudah sering PO. Berhubung ada yang nanya, bagaimana rasanya menerima gaji pertama dari adsense? Terpaksa saya bagikan pengalaman membahagiakan tersebut. 

Dibanding teman pemburu dollar lain, saya terbilang telat. Saya mulai ngeblog sejak 2011. PO pertama justru saya dapat tujuh tahun setelahnya, yakni 22 Pebruari 2018. Selama tujuh tahun pendapatan ngeblog saya dari sponsor post, penulis konten situs/blog orang lain. Dari honor 5k/tulisan hingga 500k/tulisan. 

Tidak hanya itu, saya juga bisa menginap di hotel gratis, diundang acara ulang tahun BUMN dan puncaknya diajak Kementerian Pariwisata RI dalam kampanye Pesona Indonesia. 

Kok nggak serius ngurusin blog untuk adsense? Saat itu saya punya usaha kecil-kecilan. Saya punya warnet. Ngeblognya bukan cari uang, tapi cari pengalaman dan membuka jaringan. 

Waktu itu belum terlalu ngotot dengan adsense. Ada sih, keinginan untuk mendapat uang dari blog, tapi masih belum berharap banyak. Dalam perjalanan, setelah menikah tahun 2016 dan usaha warnet mulai ngos-ngosan. Pengusaha warnet banyak gulung tikar, saya mulai menyeriusi untuk dapat duit dari adsense. 

Kebutuhan keluarga juga meningkat. Istri masih kuliah di Unwir, universitas swasta di Indramayu. Saya butuh sumber pendapatan baru. Saya sempat putus asa untuk jebolin diterima adsense

Setahun kemudian diterima. Saya lompat-lompat. Ya, lompat-lompat seperti anak keciL. Saya sangat senang sekaligus terharu. Bayangkan apa yang kalian idam-idamkan akhirnya berhasil kalian dapat. Begitulah rasanya. 

Dan setahun berikutnya saya bisa PO. Gajian pertama dari adsense. Untuk kamu yang ingin memulai menjadi penulis konten, saran saya adalah konsisten. Jangan setengah-setengah. Minimal buatlah satu postingan perhari. Usahakan postingan-mu dapat menyelesaikan masalah banyak orang, bukan sekedar hal yang ingin kamu tulis. 

Saya rasa ceritanya cukup sampai di sini. Terimakasih sudah membaca. 
***

Akun resmi terkait informasi, pengumuman dan konten blog.

Comments


EmoticonEmoticon