Dear Doctor (2009)

Posting Komentar
 
Score : ⭐ ⭐ ⭐ ⭐

Dear Doctor | 2009 | Drama | Pemeran : Tsurube ShĂ´fukutei, Eita Nagayama, Teruyuki Kagawa | Sutradara : Miwa Nishikawa | Penulis Naskah : Miwa Nishikawa | Negara : Jepang | Durasi : 127 Menit

Film bertema rural society selanjutnya adalah Dear Doctor. Mengambil latar pedesaan di Jepang. Mengisahkan tentang pelayanan kesehatan di desa. Ada seorang dokter desa, dokter koas, perawat, orang-orang lansia, pemuda-pemudi yang meninggalkan desanya.

Film dimulai dengan adegan menghilangnya dr. Osamu Ino yang tanpa sebab. Detektif polisi dari kota mencoba untuk mengungkapnya. Dan jawaban yang ditemukan tidak sesederhana itu setelah dilakukan penyelidikan.

Penonton kemudian diajak alur mundur, beberapa bulan sebelumnya. Seorang dokter koas datang ke desa tersebut, dr. Soma Keisuke untuk magang. Sebagai dokter desa, Ino Sensei sudah tiga tahun lamanya melayani warga.

Bagi warga, si dokter adalah pahlawan mereka. Ia dianggap sangat berjasa melayani kesehatan warga. Tiap hari ia melakukan kunjungan ke rumah pasien-pasiennya. Beberapa kali ia berhasil menyelamatkan nyawa mereka.

Bukan saja warga yang mengagumi, dr. Soma Keisuke juga menaruh rasa hormat dan menginspirasinya untuk tetap tinggal di desa setelah masa training-nya habis.

Cara film ini sederhana dalam mengangkat konflik. Ino Sensei punya hubungan rumit dengan janda cantik kesepian Torikai San yang terkena kanker. Sang janda berpesan untuk merahasiakan penyakitnya tersebut. Jangan sampai anaknya yang dokter di kota itu mengetahuinya.

Suatu waktu anaknya tahu bahwa ibunya sakit. Setelah ia dapati bungkus pil di kotak sampah dapur. Ia pun berkunjung ke klinik desa untuk menyelidiki dan menemui dokter ibunya tersebut. 

Ino Sensei mulai menjelaskan bahwa ia melakukan ini karena pesan ibunya. Anaknya mulai meragukan si dokter. Sebelum ketahuan sebagai dokter palsu, Ino Sensei langsung kabur meninggalkan desa. 

Pesan film ini jelas dan sederhana. Bagaimana menjadi seorang dokter yang baik? Harus peduli dengan kehidupan pasien-pasiennya. Kemudian soal bagaimana jika semua anak muda di desa pergi ke kota? 

Ini masalah-masalah pelik yang dihadapi Jepang modern. Kurangnya dokter desa, populasi yang sudah menua dan urbanisasi.
***

Related Posts

Posting Komentar