Butuh Berapa Tahun Blog Bisa Menghasilkan Dollar Setara UMR?

Posting Komentar
Ilustrasi/MP
Sebelum menjawab judul di atas. Saya ajak dulu teman-teman, soal serba-serbi menghasilkan uang dari dunia blogging. Saya perlu memberi tahu soal ini karena beberapa informasi di internet menyesatkan.
Mendapatkan uang dari blogging adalah sesuatu yang mungkin. Iya mungkin. Maksudnya bukan pasti, seperti karyawan. Awal bulan gajian. Jadi, tidak mustahil bisa dapat uang dari dunia blogging. 

Ada teman saya yang menjadikan blogging sebagai penghasilan sampingan. Ada yang menjadikan blogging sebagai pendapatan utama. Sedang saya sendiri, blogging sudah dijadikan sebagai lahan bisnis. Merekrut penulis dan konten kreator.

Satu hal pasti, blogging yang bisa menghasilkan uang adalah mereka yang ngeblog tidak sebentar. Tahunan. Ada yang lima tahun, sepuluh tahun bahkan lima belas tahun. 

Saya sudah ngeblog sejak 2011, artinya sudah 11 tahun. Sudah menghasilkan uang sejak 10 tahun. Dimulai hanya lima rebu rupiah per tulisan dan terus bertumbuh. Dari yang pekerjaan sampingan hingga jadi pekerjaan utama. 

Jadi, berapa tahun agar ngeblog bisa menghasilkan uang setara gaji UMR?

Jawabannya adalah kurang lebih butuh dua tahun. Pengalaman saya menyatakan untuk bisa traffic stabil butuh waktu 1–2 tahun. Khusus sumber pendapatan dari Google Adsense ya. 

Berarti kita hitung bukan dari awal ngeblog. Tapi, dari awal blog diterima sebagai mitra adsense. Semester tahun pertama, saya mendapatkan ratusan sampai ribuan rupiah. Semester kedua, Saya menghasilkan ribuan hingga puluhan ribu rupiah.

Pada tahun berikutnya, dari adsense saya bisa menghasilkan puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Semester kedua pada tahun kedua pendapatan saya sudah tembus ambang batas pencairan $100. Dan terus bertambah mendekati gaji UMR.

Demikian cerita pengalaman yang bisa saya bagi. Semoga bisa memberikan gambaran realistis tentang gimana cara dapetin duit dari blogging.
***

Related Posts

Posting Komentar